Presiden Indonesia, Prabowo pilih SUV buatan lokal, ini info pantas MV3 Garuda Limousine

14

Presiden Indonesia kelapan, Prabowo Subianto menaiki kenderaan presiden khas, MV3 Garuda Limousine yang dihasilkan syarikat senjata milik negara, PT Pindad, semalam.

Ia merupakan kali pertama kenderaan presiden itu diperkenalkan kepada umum lengkap dengan nombor plat bertulis ‘Indonesia 1’.



Kenderaan buatan lokal yang dinamakan MV3 Garuda Limousine tersebut mirip GMC Hummer yang didatangkan dengan warna badan putih bersama kemasan krom.

Jabatan Inovasi Pembangunan Kenderaan Khas PT Pindad, Azka Rizqi berkata kenderaan perlantikan presiden yang menggunakan asas MV3 namun buat tetamu khas (VVIP), bukan seperti Maung yang sudah hadir lebih dulu.

“Enjinnya menggunakan turbo diesel dan transmisi automatik. Sesaran enjin adalah 2.157cc dan pacuan 4×4.

“Garuda Limousine merupakan peningkatan daripada MV3 Maung jadi asasnya memang sudah 4×4 cuma ia digunakan buat presiden bukannya untuk off road,” jelasnya.

INFORMASI MV3

MV3 Garuda Limousine dengan berat 2.95 tan itu memiliki dimensi panjang sekitar 5.05 meter (m), lebar (2.06 m), tinggi (1.87 ) dan jarak roda yang panjang.

Enjin berkenaan menghasilkan kuasa 199hp dengan kelajuan maksimum 100kmj dan transmisi 8-kelajuan automatik.

Portfolio pengeluar sebagai pertahanan dan keselamatan, Pindad menjadikan perlindungan kenderaan sebagai keutamaan dengan menyediakan ciri keselamatan termasuk badan dengan bahan perisai komposit yang tahan peluru 7.62 x 51 mm bola NATO dan 5.56 x 45 mm kaca kalis peluru tahap M193, B5/B6, dan dilengkapi tayar R21 jenis run flat.

Luaran MV3 Garuda Limousine dilengkapi pemijak kaki automatik yang boleh lipat di bawah pintu. Kenderaan menggunakan logo Garuda dengan warna bendera Indonesia yang diletakkan pada bahagian depan.

Motif gril terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal sekaligus sebagai salah satu identiti bangsa. Di bahagian belakang, dual ekzos diterapkan untuk meningkatkan prestasi kenderaan.

Kabin dibuat premium menggunakan material kemasan kayu, dilengkapi kerusi kapten di belakang dengan pelarasan elektrik dan perehat kaki serta panel kawalan sentuhan limo.

Ia juga dilengkapi dengan head unit 12 inci, kamera 360 darjah, televisyen pintar, peti sejuk dan portable WiFi.

@thisiadi

Presiden RI, Prabowo Subianto dan Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka menggunakan MV3 Garuda Limousine produksi PT Pindad pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR RI pada Minggu, 20 Oktober 2024.   Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose dalam keterangan resmi perusahaan mewakili jajaran Direksi dan Komisaris mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden RI dan turut menyampaikan rasa bangga atas penggunaan MV3 Garuda Limousine dalam momentum bersejarah sebagai kendaraan orang nomor satu di Indonesia.   “Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya. Selamat atas pelantikan Bapak Presiden beserta Wakil Presiden RI, selamat bertugas dan semoga sukses selalu dalam mengemban amanah rakyat Indonesia,” ujar Abraham Mose.   “Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang didalamnya. Seperti halnya kendaraan MV3 Maung, Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine. Tim enjiniring kami beserta seluruh insan Pindad berupaya keras untuk mewujudkannya, alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” tambah Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa.   Usai pelantikan, Presiden dan Wakil Presiden RI menggunakan MV3 Garuda Limousine pada iring-iringan kendaraan untuk menyapa masyarakat di sepanjang perjalanan dari Gedung parlemen ke Istana Negara. #Pindad #2024 #Garuda #BUMNUntukIndonesia#Garuda #pelantikan #prabowogibran2024 #prabowosubianto #prabowopresiden2024

♬ original sound – 𝐆𝐀𝐍𝐆𝐒𝐓𝐄𝐑 𝐌𝐔𝐒𝐈𝐂🐰 – 𝐆𝐀𝐍𝐆𝐒𝐓𝐄𝐑 𝐌𝐔𝐒𝐈𝐂🐰

APA KATA ANDA?

Please enter your comment!
Please enter your name here